Tips Traveling ala Backpacker ke Luar Negeri


Bepergian ke luar negeri ala backpacker alias turis ransel, merupakan salah satu impian para petualang di seluruh dunia. Begitupun dengan para petualang ala tas ransel di Indonesia. Apalagi dengan adanya kebijakan sunset policy awal tahun lalu, yang salah satu pointnya membebaskan kita dari biaya fiskal yang lumayan besar itu.
Ada banyak tips-tips penting ketika anda ingin mencoba liburan ala backpacker ke luar negeri. Pada edisi ini, kami akan akan membagi beberapa tips penting berdasarkan pengalaman sejumah orang, antara lain Mujtahid Aktanto dan Sulfandi Sultan.

1. Menentukan destinasi atau Negara yang akan dikunjungi.
Sebaiknya pilih Negara yang sering menjadi tujuan para backpacker. Destination terbaik adalah kota yang tingkat Keramahannya Paling Tinggi! “Jangan Nekat backpacker-an ke daerah rawan perang dan kriminalitas tinggi kalo mau selamat!!!” Kata Mujtahid aktanto, seorang backpacker dan admin di komunitas Indonesia Backpacker Story. Sekaligus redaksi majalah Info Backpacker.

2. Cari tahu lebih banyak tentang kota yang akan menjadi pilihan anda.
Tingkat keamanan, mode transportasi, lokasi-lokasi wisata, penginapan, event, akomodasi selama disana, dsb. Search di internet, buku, majalah, ataupun cerita-cerita perjalanan orang yang sudah pernah kesana.

Untuk menghemat akomodasi, Anda dapat membeli voucher hotel di situs-situs direktori hotel yang sering memberikan penawaran menarik. Dengan voucher maupun promo yang sedang digelar, Anda bisa menghemat hingga 70% dibanding check-in langsung di hotel. Situs-situs seperti ini biasanya menjual voucher untuk hotel di Bali, hotel di Lombok sampai mancanegara. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan akomodasi yang lebih nyaman dengan budget minimal.

3. Persiapkan dokumen yang wajib anda bawa.
Passport. Jika anda belum memlikinya, segeralah buat di kantor imigrasi atau jasa pembuatan passport di kota anda.
Visa. Cari tahu,apakah Negara yang anda tuju mewajibkan anda memiliki visa resmi dari kedutaan (yang harus di urus di kantor kedutaan Negara bersangkutan) atau memakai visa on arrival (yang bisa di urus di bandara, di Negara yang anda kunjungi)
“Sebaiknya coba dulu di Negara-negara yang tidak memerlukan visa resmi, semisal Singapura, Malaysia, Thailand.” Kata Sulfandi Sultan, Pimpinan redaksi majalah Info Backpacker.

NPWP, Anda akan mendapatkan bebas fiskal, jika anda memiliki dokumen yang satu ini. Untuk membuatnya cukup mudah dan gratis.

KTP dan salinan/fotokopi semua dokumen yang anda bawa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

4. Tentukan kapan waktu yang paling tepat anda berangkat. Waktu yang tepat mungkin hampir selalu ada, tapi untuk waktu yang paling tepat tidak selalu ada.

5. Hunting tiket. Sebaiknya cari tiket dari maskapai-maskapai yang lagi promo. Sabar adalah kunci utama dalam hal ini. Belajar dari pengalaman teman-teman redaksi yang sempat berpetualang ke luar negeri, rata-rata mereka membayar tiket hanya sekitar 4$ – 7$ untuk penerbangan Jogja-Singapura. Begitupun dengan kota-kota berikutnya yang mereka tuju.

6. Check Lagi! Baik dokumen maupun perlengkapan yang harus dibawa. Misalnya, keril yang akan dibawa, Pakaian yang anda bawa sebaiknya max 5 potong kaos, 2 celana panjang dan pendek, serta 1 jaket.

7. Hindari membawa barang yang tidak diperlukan! Misalnya jumlah pakaian yang berlebihan, Piranti elektronik yang tidak perlu, semisal laptop. HP lebih dari satu. Tas/keril lebih dari satu. Cukup membawa mp3/ipod , kamera saku, dan tas kecil untuk menyimpan dokumen. Intinya jangan menambah beban tas anda untuk hal-hal yang tidak perlu.

8. Siapkan dana cadangan di amplop terpisah, untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan. Juga credit card yang mungkin anda butuhkan saat dalam keadaan darurat.

9. Selalu mengambil peta atau travel guide saat tiba di bandara Negara tujuan.

10. Jangan membeli cinderamata yang berlebihan, atau bahkan membeli hal-hal yang tidak perlu. Karena biasanya kita tanpa sadar terpancing untuk ikut shoping dengan para turis lainya. Dengan dalih, “selagi kita di Negara orang “

11. Atur jadwal anda untuk mendatangi tempat-tempat yang harus anda kunjungi di hari pertama, kedua, dan hari selanjutnya.

12. Catat selalu pengeluaran anda
, cerita perjalanan anda, dan tips-tips baru yang mungkin nanti sangat di butuhkan oleh orang lain ataupun kerabat anda.

Beberapa tips di atas bisa membantu anda yang mungkin baru ingin mencoba berpetualang ala tas ransel ke luar negeri. Namun sebaiknya anda tetap mencari tips-tips lainya untuk melengkapi data Management travel anda.
So, selamat berpetualang dan menikmati perjalanan anda.

Tags : , ,

Save Orang Utan

Social Media