Saleo : Meeting Point Backpacker di Raja Ampat


petang di saleo raja ampat by infobackpacker

Alami! kesan pertama yang saya rasakan saat baru tiba di Saleo. Kawasan yang di kelola oleh masyarakat setempat dan benar-benar dikelola secara sederhana dan alami. Penginapan sederhana dengan harga sangat terjangkau, berhadapan langsung dengan laut lepas, tempat tidur gantung di antara pohon cemara yang asri, kicau burung kaka tua raja, hijau, dan merah yang melompat bebas di antara ranting pohon, dan suasana sepi khas hutan belantara menimbulkan kesan damai bagi siapa saja yang pernah menginjakkan kaki di tempat ini.

Lokasinya sangat strategis! tepat di pinggir pantai, sedikit menengok ke belakang sudah hutan belantara papua. Menjadikan tempat ini sebagai meeting point yang tepat Backpacker di Raja Ampat. Hanya ada penginapan sederhana dengan kapasitas 6 orang. Ditambah 3 orang penduduk setempat yang merangkap sebagai pengelola sekaligus guide. Suasana di tempat ini membuat kita benar-benar merasa memiliki pulau sendiri.

Snorkeling dan Bird Watching menjadi sajian utama di Saleo. Untuk snorkeling anda tinggal “nyemplung” di depan penginapan, untuk Bird watching anda tinggal tracking sekitar 15 menit di hutan belakang penginapan. Cendrawasih merah dan burung ranggong pasti anda temui.

Selain itu Saleo juga menjadi meeting point untuk menuju ke tempat-tempat eksotis lainya, karena disini di sediakan long boat untuk mengantar anda. Mulai dari teluk kabui,mansuar, hidden bay hasna, kampung nelayan papua, caving ke goa-goa prasejarah yang masih memiliki banyak peninggalan zaman dahulu, sampai ke goa di atas tebing yang dijadikan makam dengan tulang belulang manusia yang masih tersusun rapi.

(Teks dan foto oleh Sulfandi Sultan)

Tags : ,

Save Orang Utan

Social Media