Pantai Siung : Surganya Pemanjat Tebing


Pasir putih dengan laut biru yang masih perawan kian indah dengan gugusan lanskap tebing karang yang mengelilinginya menjadi surga para beach lover dan para climber dunia.

Pantai siung merupakan salah satu jejeran pantai berpasir putih di pesisir pantai selatan Kabupaten Gunung Kidul. Lautnya yang biru dan pasir putih yang masih terjaga menjadikanya pilihan utama untuk melepas penat. Dibandingkan parangtritis dan parangkusumo, pantai ini masih kalah populer, padahal tidak kalah indahnya. Masyarakatnya juga sangat ramah, yang sebagaian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani garam.

Pantai Siung terletak di desa Purwodadi Kecamatan Tepus Gunung Kidul, berjarak kurang lebih 35 Km dari Wonosari , kurang lebih 70 Km dari Kota Jogjakarta. Jalan yang sudah beraspal makin memudahkan Akses menuju Pantai ini, tapi sayang, untuk angkutan umum sedikit sulit. Karena angkutan umum dari kota Wonosari menuju Desa Purwodadi, sehari hanya ada 2 – 3 colt angkutan, jadi bisa berjam-jam kita menunggu kendaraan umum menuju Pantai Siung. Oleh karena itu menggunakan motor carteran dari kota Jogja bisa menjadi salah satu solusi tepat.

Bukan hanya pasir putih dan keindahan alamnya, ternyata pantai Siung sangat terkenal didunia terutama dikalangan para Climber Dunia. Ada yang mengatakan bahwa pantai siung merupakan “surganya pemanjat tebing”. sehingga objek wisata pantai Siung dinobatkan sebagai kawasan wisata minat khusus panjat tebing. Bahkan disini pernah diselenggarakan Asian Climbing Gathering pada tahun 2005 yang di ikuti oleh beberapa negara di asia.

Baca selengkapnya di Majalah Digital Info-Backpacker Edisi 7.

Tags : , ,

Save Orang Utan

Social Media