Menembus Uniknya Gunung Lawu


Salah satu gunung yang disakralkan masyarakat Jawa. Angker, unik dan penuh kejutan. Salah satunya warung nasi di ketinggian 3200 mdpl.

Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api “istirahat” dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi.

Perjalanan saya kali ini, akan menuju Gunung Lawu, Gunung yang di sakralkan bagi sebagian besar masyarakat Jawa. Gunung ini, merupakan tempat moksa (wafat secara menghilang) raja Brawijaya. Pukul 15.00 WIB, berangkat dari Jogja dengan bus menuju Tawangmangu. Perjalanan kali ini memberikan warna yang berbeda, karena di dalam bus saya bersama dengan para karyawan pabrik dan para mbok-mbok yang baru pulang dari pasar. Terlihat raut muka gigih dan tidak pantang menyerah di wajah mereka.

Baca selengkapnya di Majalah Digital Info-Backpacker Edisi 7.

Tags : ,

Save Orang Utan

Social Media