MAHITALA UNPAR : Mengibarkan Merah Putih di 7 Puncak Dunia


Mahitala Unpar, Mengibarkan Merah Putih di 7 Puncak Dunia

INFOBACKPACKER.COM – Mimpi untuk mengibarkan bendera merah putih di tujuh puncak dunia sudah tercapai. Sudah banyak putra putri Indonesia yang mencoba, namun prestasi membanggakan itu baru bisa dicapai sekarang.

Pendakian 7 puncak  benu (The Seven Summits) adalah sebuah pendakian prestisus di dunia pendakian internasional. Dengan mendaki ke tujuh puncak benua yang terdiri dari Carstensz Pyramid (4.884 mdpl)  di Indonesia, Kilimanjaro (5.895 mdpl) di Afrika, Elbrus (5.642 mdpl) di Rusia, Vinson Massif (4.889 mdpl ) di Antartika, Aconcagua (6.962 mdpl) di Argentina, Everest (8.848 mdpl) di Nepal dan Denali (6.194 mdpl) di Alaska maka secara otomatis pendaki tersebut akan mendapatkan julukan sebagai The Seven Summiteers sebuah sebutan yang disepakati secara internasional bagi mereka yang berhasil mencapai 7 puncak.

Sejarah dunia mencatat seorang Richard “Dick” Bass, pemilik Snowbird Ski Resort, Utah, Amerika Serikat berhasil menggenapi pendakian The Seven Summits pada tanggal 30 April 1985 dengan Puncak Everest (8.848 mdpl) sebagai penutupnya dan berhasil menciptakan dirinya menjadi The Seven Summiteers pertama di dunia.

Lalu bagaimanakan dengan Indonesia? Sebagi pemilik salah satu puncak The Seven Summits seharusnya Indonesia memiliki Seven Summiteers. Usaha mencapai gelar ini dimulai oleh (Alm) Norman Edwin dari Mapala Universitas Indonesia. Tetapi langkahnya harus terhenti di Aconcagua (6.962 mdpl) ketika jenasahnya ditemukan di gunung tersebut bersama jenasah (Alm) Didiek Samsu juga dari Mapala Universitas Indonesia. Sejak musibah ini terjadi pendakian untuk menggapai gelar The Seven Summiteer  bagi Indonesia bagai hilang begitu saja.

Hingga akhirnya di awal tahun 2009, Mahitala Unpar berhasil mencapai Carstenzs Pyramid pada tanggal 23 dan 26 Febuari 2009. Maka Tim Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar  (ISSEMU) dengan Sofyan Arief Fesa (28), Xaverius Frans (24), Broery Andrew Sihombing (22), dan Janatan Ginting (22) sebagai pendakinya akan segera mendaki 6 puncak lainnya hingga tanggat waktu 2011.

(Dokumentasi Mahitala Unpar)

Baca selengkapnya di Majalah Digital Info-Backpacker Edisi 9.

Tags : , ,

Save Orang Utan

Social Media