Lok Baintan Kalimantan Selatan, Pasar Terapung Tradisional Yang Mendunia


pasar terapung lok baintan

Infobackpacker.com : Pasar Terapung Lok Baintan terletak di Sungai Lok Baintan salah satu anak sungai Martapura, dan masuk dalam wilayah Desa Sungai Pinang, Kec. Sungai Tabuk, Kab. Banjar – Kalimantan Selatan. Secara umum pasar terapung ini sama dengan pasar terapung yang juga berada di Kuin, Muara Sungai Barito. Namun pasar terapung Lok Baintan jauh lebih ramai dikunjungi wisatawan karena proses jual beli masih di lakukan di atas air dan terkadang masih memakai sistem barter.

Pukul 14.00 WITA saya tiba di Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Kota yang di kenal juga dengan nama julukan Kota Seribu Sungai. Namun, jarak Lok Baintan masih sekitar kurang lebih satu jam dari kota Banjarmasin. Padahal waktu terbaik mengunjungi pasar terapung Lok Baintan adalah pagi hari sekitar pukul 06.00 – 09.00 WITA sehingga perjalanan baru akan dimulai esok harinya. Jadi kita masih memiliki waktu untuk mengelilingi kota Banjarmasin sambil mencicipi kuliner khas seperti, Soto Banjar, Nasi kuning, Haruan Bakar, dll..

Pagi-pagi sekali saya bergegas menuju pelabuhan jukung (sampan bermesin) di depan masjid Raya. Disana sudah menunggu pak Madi sang juru mudi jukung yang saya kontak sehari sebelumnya.

Baca selengkapnya di Majalah Digital Info-Backpacker Edisi 12.

(Teks dan Foto oleh Bayu Amde Winata | @bayuwinata)

Tags : , ,

Save Orang Utan

Social Media