Kepulauan Vulkanik Krakatau


Sejarah masa lalu mencatat tentang dahsyatnya letusan gunung yang pernah berdiri kokoh di kepulaun vulkanik yang memyebabkan perubahan iklim global ini.

Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda. Menurut administratifnya, kawasan ini merupakan bagian dari Kabupaten Lampung. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena meletus pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat, mengeluarkan awan panas dan mengakibatkan tsunami. Bencana ini menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Suara letusan itu terdengar sampai ke Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Ada 4 pulau yang terdapat di kawasan ini. Pulau Panjang, Pulau Legoon Cabe atau yang dikenal dengan  nama pulau Krakatau Besar, Pulau Krakatau Kecil atau anak gunung Krakatau dan Pulau Sertung. Masing-masing pulau memiliki keistimewaan.

Baca selengkapnya di Majalah Digital Info-Backpacker Edisi 7.

Tags : ,

Save Orang Utan

Social Media