Karst Maros : World Heritage di Tanah Celebes


Karst Maros Hutan Batu Terbesar ke-2 di Dunia
INFOBACKPACKER.COM – Deretan gugusan tebing cadas yang menjulang tinggi ke langit dan terbentang luas sampai 43.750 hektare. Bersinergi dengan birunya langit yang kontras dengan hijaunya vegetasi yang masih alami, serta dinaungi kabut tipis, menjadikan suasana terasa sepi, hening, dan terkesan mistis tapi romantis. Yup! Kesan yang saya rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan karst Maros (tower karst) atau lebih dikenal dengan nama hutan Batu yang dinobatkan sebagai terluas  dan terindah ke dua di dunia.

Hutan Batu yang merupakan world heritage ini terbentuk dari pelarutan batu gamping yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Terletak di jalan poros antara makassar-toraja menjadikan lokasi wisata alam yang indah ini sebagai panorama taman alami yang disuguhkan bagi setiap orang yang melintasi jalan trans Sulawesi.  Namun,  objek wisata berkelas dunia ini masih belum terlalu di ekspos sehingga jarang dikunjungi oleh wisatawan. Padahal  karst maros ini menyimpan banyak keunikan yang hanya bisa dijumpai di kawasan world heritage ini.

Terletak di desa salengrang dusun ramang-ramang , kabupaten maros, Sulawesi Selatan.  Kawasan karst maros bisa dicapai dengan transportasi darat dari kota Makassar kurang lebih 1,5 jam.  Lalu untuk masuk ke kawasan hutan batu, kita harus menggunakan perahu nelayan setempat dengan melewati hutan bakau yang berpadu dengan pohon palem dan pandan yang tumbuh liar di kiri kanan jalur yang kita lalui. Sesekali kita melewati tebing-tebing cadas yang menjadi rumah bagi habitat salalah satu jenis burung elang. Namun yang membuat saya lebih  takjub lagi saat melewati  terowongan dari bongkahan batu cadas besar yang terbentuk secara alami.  Perjalanan dengan menggunakan perahu ini butuh waktu kurang lebih setengah jam.

(Teks dan foto oleh Sulfandi Sultan)

Baca selengkapnya di Majalah Digital Info-Backpacker Edisi 9.

Tags : ,

Save Orang Utan

Social Media