Benteng Amsterdam Moluccas Ambon


benteng-amsterdam-moluccas-ambon-infobackpacker

Moluccas, Ambon bukan hanya terkenal dengan kekayaan alam dan objek wisata bahari yang sudah mendunia. Tapi juga menyimpan banyak peninggalan bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh, seakan ingin menunjukkan betapa pentingnya pulau yang berada di timur Indonesia ini pada zaman dahulu.

Cuaca pagi sangat cerah saat saya menginjakkan kaki di bandara Pattimura Ambon yang masih terlihat sepi dari aktivitas. Tanpa membuang-buang waktu saya melanjutkan perjalanan ke salah satu destinasi utama, yakni Benteng Amsterdam. Tentu saja setelah menikmati secangkir kopi dan kudapan khas Ambon di kantin pelataran bandara.

Benteng Amsterdam Berjarak sekitar satu jam perjalanan dari kota Ambon. Tepatnya di Desa Hila Kaitetu, kecamatan Leihitu, Moluccas Ambon. Benteng yang menjadi saksi bisu jalur perdagangan rempah-rempah yang kala itu jauh lebih berharga dibanding emas. Karena zaman itu dua karung buah pala yang menjadi komoditi utama bisa ditukar dengan satu unit rumah mewah di NY, Amerika. Sehingga jejeran pulau-pulau di perairan Maluku sebagai penghasil utama rempah-rempah seperti Hila, Banda Naira, dan pulau Seram menjadi perebutan bangsa-bangsa eropa.

Baca selengkapnya di Majalah Digital Info-Backpacker Edisi 11.

(Teks dan foto sulfandi sultan)

Tags : , ,

Save Orang Utan

Social Media